Headlines

Tips dan Trik

Feature

Travelista

» » Ayo! Dukung Internasionalisasi Universitas Brawijaya


Untuk mewujudkan internasionalisasi Universitas Brawijaya melalui publikasi elektronik, UBUNO mendukung Unit Pemeringkatan Internasional UB dan Blogmetrics UB untuk mengajak seluruh elemen civitas akademika Universitas Brawijaya untuk meningkatkan publikasi elektroniknya melalui internet.
Terdapat lembaga internasional yang konsen dalam pemeringkatan internasional dalam publikasi elektronik tersebut adalah Webrometrics dan 4ICU. Pada hasil rilis terakhir, Universitas Brawijaya menempati peringkat 6 versi Webrometrics dan peringkat 4 versi 4ICU se-Indonesia. Selengkapnya lihat di website Webrometrics dan 4ICU.
Lembaga pemeringkat tersebut bermaksud untuk memotivasi kedua lembaga dan sarjana untuk memiliki keberadaan web yang mencerminkan secara akurat kegiatan universitas. Jika kinerja web dari sebuah institusi dibawah posisi yang diharapkan yang sesuai dengan keunggulan akademik, universitas yang berwenang harus mempertimbangkan kembali kebijakan web mereka, mempromosikan peningkatan substansial dari volume dan kualitas publikasi elektronik mereka. Jika membutuhkan klarifikasi lebih lanjut mengenai motivasi para Peringkat atau metodologi, silahkan baca FAQ .
APA YANG BISA DILAKUKAN CIVITAS UB?
  1. Mensosialisasikan nama “Universitas Brawijaya”
  2. Membuat blog
    • Blog dengan domain UB yaitu : blog.ub.ac.id untuk mahasiswa, lecture.ub.ac.id untuk dosen, atau staff.ub.ac.id untuk karyawan
    • Blog eksternal yaitu blog diluar domain UB, misal : blogspot, wordpress, multiply, dll. Blog external ini harus tercantum pada urutan teratas pada blogroll blog internal (blog dengan domain UB)
  3. Merawat situs web; memastikan situs tetap berjalan, memperbarui dengan berita-berita baru secara berkala, memperkaya dengan isi yang populer yang menambah minat, pengunjung, menambahkan fitur: Really Symple Syndication (RSS). Jumlah artikel pada konten blog setidaknya berisi 30 artikel.
  4. Memperhatikan versi Bahasa Inggris; Diutamakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama situs untuk menjaring pengunjung yang lebih luas.
  5. Memastikan crawler berkunjung
    • memastikan robots.txt membuka akses untuk search engine crawler
    • mendaftarkan/verifikasi situs ke 4 search engine utama yaitu google, yahoo, bing, exalead
    • membuat sitemap (http://www.xml-sitemaps.com/)
  6. External Link; mencantumkan link/tautan ke domain UB (ub.ac.id) atau sub domainnya (*.ub.ac.id) pada blog external yang dimiliki. Contoh penulisan tag HTML :
  7. <a href=”http://www.ub.ac.id”>UB</a>
  8. Memperkaya Rich Files; variasi Format file (pdf, ps, doc, ppt) pada content repository, pilah-pilah berkas pdf menjadi bagian-bagian yang layak untuk menambah jumlah file, optimalkan web personal dosen yang memuat berbagai dokumen  publikasi, pengajaran (ppt, doc, pdf, ps)
  9. Scholar, memperbanyak jumlah publikasi yang legal disebarkan melalui media blog internal dengan format publikasi ilmiah standar dengan memanfaatkan berbagai variasi format file.
pranala luar: blogmetrics.ub.ac.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply